Nama Mapel : Dasar Listrik dan Elektronika
Jam Pelajaran : 180 JP @ 45 menit
Kelas X TAV
Hari : Senin
Pukul : 07.00 - 09.30 WIB
Guru :
Karno Setyo Budi, S.Pd
Yohan Rumana Putra Marjanto, ST
Yulian Wardi, ST, MM
berikut ini kompetensi dasar yang harus diakuasai oleh siswa
Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu
(1) aspek kompetensi sikap spiritual,
(2) sikap sosial,
(3) pengetahuan, dan
(4) keterampilan.
Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”.
Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”.
Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.
KD 1 artinya hasil pembelajaran ranah afektif atau sikap
KD 2 artinya hasil pembelajaran ranah sosial
KD 3 artinya hasil pembelajaran ranah kognitif atau pengetahuan
KD 4 artinya hasil pembelajaran ranah psikomotor atau keterampilan
3.1 Memahami besaran dari SI unit pada kelistrikan
4.1 Mengukur peralatan kelistrikan dengan besaran dari SI unit pada kelistrikan
3.2 Membedakan spesifikasi data komponen listrik
4.2 Memasang komponen listrik sesuai dengan spesifikasi data
3.3 Memahami hukum-hukum kelistrikan dan elektronika
4.3Menerapkan hukum-hukum kelistrikan dan elekronika
3.4 Menjelaskan pemakaian alat-alat ukur listrik dan elektronika
4.4 Menggunakan alat-alat ukur listrik dan elektronika
3.5 Memahami komponen pengaman listrik dan elektronika
4.5 Menggunakan peralatan pengaman pada instalasi listrik dan elektronika
3.6 Mengevaluasi peralatan pengaman instalasi listrik
dan elektronika
dan elektronika
4.6 Melakukan perbaikan dari hasil evaluasi terhadap peralatan pengaman instalasi listrik dan elektronika
3.7 Menganalisis sifat dan aturan rangkaian seri, parallel dan campuran dari tahanan dan tegangan
4.7 Mengukur rangkaian seri, parallel dan campuran dari
tahanan dan tegangan
tahanan dan tegangan
3.8 Memahami prinsip kemagnetan pada rangkaian
DCdan rangkaian AC
DCdan rangkaian AC
4.8 Mengelompokkan sistem kemagnetan berdasarkanprinsip rangkaian DC dan rangkaian AC
3.9 Menunjukkan jenis-jenis sumber tegangan listrik (baterai, aki, sel surya, genset)
4.9 Menggunakan sumber tegangan listrik (baterai, aki, sel surya, genset)
3.10 Memahami komponen pasif RLC
4.10 Mengukur komponen pasif
3.11 Memahami komponen aktif
4.11 Mengukur komponen aktif
3.12 Menjelaskan karakteristik gelombang arus bolak balik
4.12 Mengukur parameter gelombang arus bolak balik
3.13 Menganalisis karakteristik komponen pada rangkaian arus bolak balik
4.13 Melakukan praktek pengukuran parameter komponen rangkaian pada arus bolak balik
3.14 Menganalisa filter frekuensi
4.14 Mendemonstrasikan rangkaian filter frekuensi
3.15 Menganalisis komponen semikonduktor diode
4.15 Mengukur karakteristik komponen diode
3.16 Menjelaskan aplikasi diode
4.16 Mendemonstrasikan aplikasi diode
3.17 Menganalisis kerja bias rangkaian transistor
4.17 Mengukur penguatan arus dan tegangan pada transistor
3.18 Menganalisis kerja rangk
4.18 Menguji kerja rangkaian elektronika digital
3.19 Memahami macam-macam sensor dan transducer
4.19 Menerapkan macam-macam sensor dan transducer
3.20 Menjelaskan prinsip kerja alat ukur listrik dan elektronik
4.20 Mendemonstrasikan kerja alat ukur listrik dan elektronik
3.21 Mengevaluasi hasil pengukuran alat ukur listrik dan elektronik
4.21 Melakukan perbaikan dari hasil evaluasi pengukuran alat ukur listrik dan elektronik
Setiap siswa yang telah membaca materi ini, wajib menulis namanya di kolom komentar di bawah ini, sebagai bukti bahwa siswa tersebut telah membaca materi.
Terimakasih
Ega trio kusniawan X-TAV nomor 13
BalasHapusZaidan Taufiqurrahma hadir pak
BalasHapusSahrul Ramadhan Zuhri X-TAV Hadir Pak
BalasHapusSaya nur aini tri wahyu lestari sudah membaca materi yg diberikan🙏🏻
BalasHapusNo absen saya 24
BalasHapusAditya Prasetyo
BalasHapusX-TAV/02
Muhammad Ilham Firdaus
BalasHapusX-TAV/21
ACH RIZQI AJI FATONI HADIR PAK
BalasHapusM.ZAKARIA X-TAV NO19
BalasHapusAnanda putri eka prasetya
BalasHapusX-TAV
Andika Maulana Malik hadir
BalasHapusFirdha dwimas pratiwi X-TAV/15
BalasHapusAisyah dwi a
BalasHapusCelvin marchelino janis X-TAV/11
BalasHapusSurya fadlurrahman witjaksono X-TAV/25
BalasHapusZacky Ramadhan Hadir Pak
BalasHapusMukhammad fatomy A. X-TAV/22
BalasHapusLintang ayu dzulhijjah X-TAV/18
BalasHapusLintang ayu dzulhijjah X-TAV/18
BalasHapusLintang ayu dzulhijjah X-TAV/18
BalasHapusAyu Putri Wulandari X-TAV/10
BalasHapusAisyah Najwah Kuswandayani
BalasHapusX-TAV/04
Tasya Nur Indah Khairunnisa
BalasHapusX-TAV/26
IFANSYAH X-TAV/30
BalasHapusIRFANSYAH X-TAV/30
BalasHapus