DASAR LISTRIK DAN ELEKTRONIKA (X TAV)

Nama Mapel : Dasar Listrik dan Elektronika

Jam Pelajaran : 180 JP @ 45 menit

Kelas X TAV

Hari : Senin

Pukul : 07.00 - 09.30 WIB

Guru :
Karno Setyo Budi, S.Pd
Yohan Rumana Putra Marjanto, ST
Yulian Wardi, ST, MM




berikut ini kompetensi dasar yang harus diakuasai oleh siswa

Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu
(1) aspek kompetensi sikap spiritual,
(2) sikap sosial,
(3) pengetahuan, dan
(4) keterampilan.
Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.

Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”.

Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”.

Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

KD 1 artinya hasil pembelajaran ranah afektif atau sikap
KD 2 artinya hasil pembelajaran ranah sosial
KD 3 artinya hasil pembelajaran ranah kognitif atau pengetahuan
KD 4 artinya hasil pembelajaran ranah psikomotor atau keterampilan


3.1 Memahami besaran dari SI unit pada kelistrikan
4.1 Mengukur peralatan kelistrikan dengan besaran dari SI unit pada kelistrikan

3.2 Membedakan spesifikasi data komponen listrik
4.2 Memasang komponen listrik sesuai dengan spesifikasi data

3.3 Memahami hukum-hukum kelistrikan dan elektronika
4.3Menerapkan  hukum-hukum kelistrikan dan elekronika

3.4 Menjelaskan pemakaian alat-alat ukur listrik dan elektronika
4.4 Menggunakan alat-alat ukur listrik dan elektronika

3.5 Memahami komponen pengaman listrik dan elektronika
4.5 Menggunakan peralatan pengaman pada instalasi listrik dan elektronika

3.6 Mengevaluasi peralatan pengaman instalasi listrik
dan elektronika
4.6 Melakukan perbaikan dari hasil evaluasi terhadap peralatan pengaman instalasi listrik dan elektronika

3.7 Menganalisis sifat dan aturan rangkaian seri, parallel dan campuran dari tahanan dan tegangan
4.7 Mengukur rangkaian seri, parallel dan campuran dari
tahanan dan tegangan

3.8 Memahami prinsip kemagnetan pada rangkaian
DCdan rangkaian AC
4.8 Mengelompokkan sistem kemagnetan berdasarkanprinsip rangkaian DC dan rangkaian AC

3.9 Menunjukkan jenis-jenis sumber tegangan listrik (baterai, aki, sel surya, genset)
4.9 Menggunakan sumber tegangan listrik (baterai, aki, sel surya, genset)

3.10 Memahami komponen pasif RLC
4.10 Mengukur komponen pasif

3.11 Memahami komponen aktif
4.11 Mengukur komponen aktif

3.12 Menjelaskan karakteristik gelombang arus bolak balik
4.12 Mengukur parameter gelombang arus bolak balik

3.13 Menganalisis karakteristik komponen pada rangkaian arus bolak balik
4.13 Melakukan praktek pengukuran parameter komponen rangkaian pada arus bolak balik

3.14 Menganalisa filter frekuensi
4.14 Mendemonstrasikan rangkaian filter frekuensi

3.15 Menganalisis komponen semikonduktor diode
4.15 Mengukur karakteristik komponen diode

3.16 Menjelaskan aplikasi diode
4.16 Mendemonstrasikan aplikasi diode

3.17 Menganalisis kerja bias rangkaian transistor
4.17 Mengukur penguatan arus dan tegangan pada transistor

3.18 Menganalisis kerja rangk
4.18 Menguji kerja rangkaian elektronika digital

3.19 Memahami macam-macam sensor dan transducer
4.19 Menerapkan macam-macam sensor dan transducer

3.20 Menjelaskan prinsip kerja alat ukur listrik dan elektronik
4.20 Mendemonstrasikan kerja alat ukur listrik dan elektronik

3.21 Mengevaluasi hasil pengukuran alat ukur listrik dan elektronik
4.21 Melakukan perbaikan dari hasil evaluasi pengukuran alat ukur listrik dan elektronik

Setiap siswa yang telah membaca materi ini, wajib menulis namanya di kolom komentar di bawah ini, sebagai bukti bahwa siswa tersebut telah membaca materi.
Terimakasih


















































Komentar

  1. Ega trio kusniawan X-TAV nomor 13

    BalasHapus
  2. Zaidan Taufiqurrahma hadir pak

    BalasHapus
  3. Sahrul Ramadhan Zuhri X-TAV Hadir Pak

    BalasHapus
  4. Saya nur aini tri wahyu lestari sudah membaca materi yg diberikan🙏🏻

    BalasHapus
  5. ACH RIZQI AJI FATONI HADIR PAK

    BalasHapus
  6. Ananda putri eka prasetya
    X-TAV

    BalasHapus
  7. Celvin marchelino janis X-TAV/11

    BalasHapus
  8. Lintang ayu dzulhijjah X-TAV/18

    BalasHapus
  9. Lintang ayu dzulhijjah X-TAV/18

    BalasHapus
  10. Lintang ayu dzulhijjah X-TAV/18

    BalasHapus
  11. Aisyah Najwah Kuswandayani
    X-TAV/04

    BalasHapus

Posting Komentar